Khalish Khanjaya C1B114025
M Irham Amin C1B114037
M Khoirul Yaqin C1B114039
M Rizaldy Akbar C1B114089
Ramadhan Heryadi C1B114225
BAB
4
ETIKA
DAN PASAR
4.1 Persaingan Sempurna
Karakteristik pasar bebas
persiangan sempurna:
1.
Jumlah pembeli dan penjual relatif
banyak
2.
Semua pembeli dan penjual bebas masuk
atau meninggalkan pasar.
3.
Setiap pembeli dan penjual mengetahui
sepenuhnya apa yang dilakukan oleh pembeli dan penjual lainya.
4.
Barang-barang yang dijual di pasar
sangat mirip satu sama lain.
5.
Biaya dan keuntungan memproduksi
sepenuhnya ditanggung pihak-pihak ynag membeli dan menjual barang-barang
tersebut, bukan oleh pihak lain.
6.
Semua pembeli dan penjual adalah
‘pemaksimal’ utilitas.
7.
Tidak ada pihak luar yang mengatur
harga, kuantitas atau kualitas dari barang-barang yang diperjualbelikan dalam
pasar.
Kesetimbangan
dalam Pasar Kompetitif Sempurna
Kurva permintaan
adalah sebuah garis yang menunjukkan jumlah paling besar yang bersedia dibayar
konsumen untuk sebuah unit produk saat membeli dalam jumlah berbeda untuk
produk-produk tersebut. Kurva persediaan menunjukkan seberapa besar biaya yang
dibebankan produsen untuk menutup biaya produksi atas barang dalam jumlah
tertentu.
Etika
dan Pasar Kompetitif Sempurna
Pasar dikatakan
mampu mencapai tiga nilai moral utama:
a.
Mendorong pembeli dan penjual
mempertukarkan barang dalam cara yang adil (dalam artian adil tertentu);
b.
Memaksimalkan utilitas pembeli dan
penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan, dan
mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna, dan
c.
Mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan
suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran
secara bebas.
4.2 Persaingan Monopoli
Persaingan
Monopoli: Keadilan, Utilitas, dan Hak
Pasar monopoli
adalah pasar yang menyimpang dari tujuan-tujuan keadilan kapitalis, utilitas
ekonomi, dan hak-hak negatif. Pasar monopoli tidak membentuk kesetimbangan,
tidak memaksimalkan efisiensi, dan tidak menghormati hak-hak kebebasan.
4.3 Persaingan Oligopolistik
Dalam pasar
oligopoli tidak banyak penjual, yang ada hanya beberapa penjual besar dan
penjual baru sulit memasuki indutri tersebut. Pasar oligopoli didominasi beberapa
perusahaan besar sehingga dikatakan
pasar yang sangat terkonsentrasi. Hal ini mengakibatkan sangat mudah
bagi para manajer dari perusahaan-perusahaan tersebut untuk memadukan kekuatan
dan bertindak sebagai satu kesatuan.
Perjanjian
Eksplisit
Tindakan-tindakan tidak etis dalam
pasar oligopoli melalui perjanjian eksplisit:
1.
Penetapan harga
2.
Manipulasi persediaan
3.
Perjanjian eksklusif.
4.
Perjanjian mengikat
5.
Perjanjian penetapan harga eceran.
6.
Diskriminasi harga
Perjanjian
Tersembunyi
Untuk mengkoordinasi
harga, sejumlah industri oligopoli secara tidak resmi mengakui salah satu
perusahaan sebagai “penentu harga”. Selanjutnya, masing-masing perusahaan
secara diam-diam menetapkan harganya sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh
perusahaaan “penentu harga” tersebut, dengan mengetahui bahwa semua perusahaan
lain juga akan melakukan hal yang sama.
Suap
Apabila
dilakukan untuk mengamankan penujalan produk, suap politik juga bisa
menimbulkan gangguan ekonomi dalam operasi pasar. Apabila suap digunakan untuk
mengamankan pembelian suatu komoditas, pengaruh utamanya adalah turunnya
persaingan pasar. Jika perusahaan yang melakukan suap berhasil mencegah
masuknya pesaing lain dalam pasar pemerintah, maka ada kemungkinan perusahaan
terlibat dalam tindakan-tindakan yang menjadi karakteristik monopoli.
4.4 Oligopoli dan Kebijkan Publik
Pandangan
Tidak Melakukan Apa-apa
Sejumlah ekonom
menyatakan bahwa tidak ada yang perlu dilakukan tentang kekuasaan ekonomi yang
dimiliki perusahaan-perusahaan oligopoli. Sebagian menyatakan bahwa kekuasaan
perusahaan oligopoli sebenarnya tidak sebesar yang terlihat.
Pandangan
Antimonopoli
Harga dan
keuntungan dalam industri-industri yang terkonsentrasi memang cenderung lebih
tinggi dibandingkan yang seharusnya. Pemecahnya adalah dengan menetapkan
kembali tekanan-tekanan kompetitif dengan mewajibkan perusahaan-perusahaan
besar untuk melakukan divestasi dan memecahnya ke dalam beberapa perusahaan
kecil.
Pandangan
Regulasi
Perusahaan-perusahaan
oligopoli tidak perlu dipecah karena ukuran yang besar memberikan akibat-akibat
yang menguntungkan dan keuntungan ini akan hilang apabila mereka dipecah.
Konsentrasi memberikan kekuatan ekonomi pada perusahaan-perusahaan besar yang
memungkinkan mereka untuk menetapkan harga dan terlibat dalam perilaku-perilaku
yang bukan merupakan kepentingan publik.
Read Full Report wholesale sex toys,realistic dildo,sex doll,wholesale sex toys,dog dildo,dildo,dog dildo,sex toys,sex dolls visit this page
BalasHapus