Khalish Khanjaya C1B114025
M Irham Amin C1B114037
M Khoirul Yaqin C1B114039
M Rizaldy Akbar C1B114089
Ramadhan Heryadi C1B114225
BAB
6
ETIKA
PRODUKSI DAN PEMASARAN KONSUMEN
Selain sebagai
sumber informasi, iklan juga memberikan indikasi yang jarang benar tentang
fungsi dasar sebuah produk dan kadang terlalu membesar-besarkan keunggulannya.
Pasar
dan Perlindungan Konsumen
Keamanan
konsumen dilihat sebagai produk paling efisien bila disediakan melalui
mekanisme pasar bebas di mana penjual memberikan tanggapan terhadap permintaan
konsumen.
Pasar menjamin
bahwa produsen memberikan tanggapan secara memadai terhadap keinginan konsumen
untuk memperoleh keamanan.
Pandangan
Kontrak Kewajiban Produsen Terhadap Konsumen
Hubungan antara
perusahaan dengan konsumen pada dasarnya merupakan hubungan kontraktual, dan
kewajiban moral perusahaan pada konsumen adalah seperti yang diberikan dalam
hubungan kontraktual.
Kewajiban
untuk Mematuhi
Kewajiban untuk
memberikan suatu produk dengan karakteristik persis seperti yang dinyatakan perusahaan,
yang mendorong konsumen untuk membuat kontrak dengan sukarela dan yang
membentuk pemahaman konsumen tentang apa yang disetujui akan dibelinya. Pihak
penjual berkewajiban memenuhi klaim yang dibuatnya tentang produk yang dijual.
Kewajiban
untuk Mengungkapkan
Penjual yang
akan membuat perjanjian dengan konsumen untuk mengungkapkan dengan tepat apa
yang akan dibeli konsumen dan apa saja syarat penjualannya.
Kewajiban
untuk Tidak Memberikan Gambaran yang Salah
Misrepresentasi
bersifat koersif : seseorang yang dengan sengaja memberikan penjelasan yang
salah pada orang lain agar orang tersebut melakukan sesuatu seperti yang
diinginkannya, bukan seperti yang diinginkan orang itu sendiri apabila dia
mengetahui yang sebenarnya.
Kewajiban
untuk Tidak Memaksa
Penjual
berkewajiban untuk tidak memanfaatkan keadaan emosional yang mungkin mendorong
pembeli untuk bertindak secara irasional dan bertentangan dengan
kepentingannya, tidak memanfaatkan ketidaktahuan, ketidakdewasaan, kebodohan,
atau faktor lain yang mengurangi atau menghapuskan kemampuan pembeli untuk
menetapkan pilihan secara bebas.
Kelemahan Teori Kontraktual
1.
Mengasumsikan bahwa perusahaan melakukan
perjanjian secara langsung dengan konsumen.
2.
Fokus pada faakta bahwa sebuah kontrak
sama dnegan pedang bermata dua.
3.
Mengkritik asumsi bahwa pembeli dan
penjual adalah sama dalam perjanjian penjualan.
Teori
Due Care
Karena konsumen
harus bergantung pada keahlian produsen, maka produsen tidak hanya berkewajiban
untuk memberikan produk yang sesuai dengan klaim yang dibuatnya, namun juga
wajib berhati-hati untuk mencegah agar orang lain tidak terluka oleh produk
tersebut sekalipun perusahaan secara eksplisit menolak pertanggungjawaban
seperti ini dan pembeli menerima penolakan tersebut.
Tugas
untuk Memberikan Perhatian
Tanggungjawab
yang diberikan teori due care pada produsen: desain (tidak mengandung bahaya,
dilengkapi pengaman, dan bahan baku memadai), produksi (pengawasan proses
pemanufakturan, mengidentifikasi kelemahan,dll), dan informasi (label dan
peringatan).
Kelemahan
Teori Due Care
1.
Tidak ada metode yang jelas untuk
menentukan kapan produsen telah memberikan perhatian yang memadai.
2.
Mengasumsikan bahwa produsen mampu
menemukan risiko-risiko yang muncul dalam penggunaan sebuah produk sebelum
konsumen membeli dan menggunakannya.
3.
Parternalistik: produsen adalah pihak
yang mengambil keputusan-keputusan penting bagi konsumen.
Pandangan
Biaya Sosial tentang Kewajiban Perusahaan
Perusahaan harus
membayar biaya kerugian yang diakibatkan oleh semua kerusakan atau cacat
produk, sekalipun perusahaan telah memberikan semua perhatian dan dalam proses
pembuatannya telah mengambil langkah untuk memperingatan konsumen tentang
kemungkinan bahayanya.
Masalah
dengan Pandangan Biaya Sosial
1.
Pandangan ini tidak adil karena melanggar
norma-norma keadilan kompensatif.
2.
Membebankan semua biaya kerugian pada
perusahaan.
3.
Beban finansial yang diberikan pada
pihak perusahaan dan asuransi.
Etika
Iklan
Iklan komersial
didefinisikan sebagai salah satu bentuk informasi dan yang memasang iklan
adalah yang memberi informasi. Fungsi iklan adalah untuk memberikan informasi
kepada konsumen.
Pengaruh
Sosial Iklan
Secara
psikologis iklan menurunkan citarasa manusia, merupakan pemborosan sumber daya,
dan menciptakan monopoli.
Pembentukan
Keinginan dalam Diri Konsumen
Iklan bersifat
manupulatif yaitu dimaksudkan untuk menciptakan keinginan dalam diri konsumen
untuk tujuan penyerapan output industri.
Pengaruh
pada Keyakinan Konsumen
Karena
iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi, maka iklan bisa dipercaya atau
tidak.
Privasi
Kosumen
Hak
privasi didefinisikan sebagai hak seseorang untuk memutuskan apa, pada siapa,
dan berapa banyak informasi tentang dirinya yang boleh diungkapkan pada pihak
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar